Cara Dongkrak Kinerja Smartphone Android yang 'Lemot'

Cara Dongkrak Kinerja Smartphone Android yang 'Lemot'
android

RAGAM (RA) - Pengguna Android mungkin mengeluhkan, lambat laun kinerja smartphone kesayangannya makin melambat alias lemot.

Hal ini wajar terjadi, apalagi ponsel sudah dipakai cukup lama. Memperbarui sistem operasi dengan versi terbaru juga kadang tidak memberikan dampak signifikan pada kinerja ponsel. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Informasi yang dikutip Tekno Liputan6.com dari Android Authority, berikut adalah beberapa cara 'menyelamatkan' kinerja smartphone Android Anda.

1. Hapus dan nonaktifkan aplikasi yang tak penting

Kebanyakan pengguna smartphone mungkin memiliki terlalu banyak aplikasi yang di-install. Sayangnya, kita seringkali mengunduh aplikasi tanpa memikirkan sepenting apa aplikasi tersebut.

Untuk itu, pengguna perlu meninggalkan aplikasi-aplikasi yang dianggap tidak pernah dipakai dengan meng-uninstall-nya dari smartphone Anda.

2. Bersihkan cache data

Apa itu cache data? Sesungguhnya, cache data adalah hal yang baik untuk ponsel Anda karena bakal mempercepat kinerja ponsel.

Dengan menyimpan data secara lokal, sistem ini bisa mengurangi waktu loading dan menghindari kebutuhan untuk mengambil bit dari internet tiap Anda memasukkan situs web atau aplikasi.

Sayangnya, cache dapat menjadi cukup berat bagi penyimpanan internal smartphone Anda. Untuk itu, cobalah bersihkan cache secara rutin. Baik melalui aplikasi manager atau bisa juga dengan aplikasi pembersih cache yang ada pada Google Play Store.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index